Cabang-cabang SAD Penyebaran Operasi Rahasia CIA

Di bawah SOG dan PAG, Special Action Division/Divisi Kegiatan Khusus [SAD] memiliki empat cabang yang berbeda:

• Cabang Udara
SAD Air Branch bertanggung jawab atas kegiatan penerbangan, seperti namanya. Belum banyak yang dilaporkan tentang cabang Divisi Kegiatan Khusus ini. Namun, diasumsikan bahwa mereka adalah pilot dan pakar penerbangan yang sangat terampil yang sering menerbangkan pasukan khusus ke lokasi operasi. Bahkan melibatkan pilot sipil seperti dalam pengakuan Adler “Barry” Berriman yang difilmkan dan diperankan Tom Cruise dalam film American Made, di mana dirinya jadi pilot pengangkut pemberontak Batista. Pengakuan Barry Seal sendiri ditolak CIA, dan tidak pernah mengakui adanya nama agen yang merekrut Barry bernama kode Schaffer.

Cabang Maritim
Cabang Maritim SAD bertanggung jawab atas misi khusus yang melibatkan unsur air. Oleh karena itu, cabang ini merekrut mantan SEAL dibandingkan dengan cabang darat yang dilaporkan lebih memilih bekas Delta Force dan Baret Hijau. Cabang maritim SAD adalah elit dari elit, jadi tentu saja, mereka adalah ahli dalam perang air, kapal, SCUBA, penyelaman bawah air, dan keterampilan maritim canggih lainnya.

Cabang Darat
SAD Ground Branch bertanggung jawab atas semua operasi rahasia yang ditangani di lapangan. Mereka dianggap ahli dalam pengintaian, bidang dan perdagangan, ketangkasan bela diri, CQB, penyelamatan sandera, dan mengemudi segala lapis baja. Ada beberapa mantan anggota Delta Force yang bergabung dengan SAD Ground Branch.

Cabang Persenjataan dan Program Khusus
Cabang Persenjataan dan Program Khusus SAD tidak seperti tiga cabang lainnya karena sering kali bekerja lebih banyak di belakang layar dan tidak dalam pertempuran langsung. Anggota Persenjataan dan Program Khusus ditugaskan untuk pengembangan, pengujian senjata, pesawat tempur, dan pengumpulan rahasia personil baru, amunisi, peralatan, dan transportasi. Departemen Persenjataan dan Program Khusus memiliki tujuan penting karena pengumpulan senjata dan peralatan harus diperoleh dari sumber tidak resmi di luar negeri agar tidak memiliki koneksi dengan pemerintah AS, dalam hal operasi divisi Divisi Aktivitas Khusus ada yang kena tangkap. Oleh karena itu terkadang senjata agen khusus ini didapatkan dari pasar gelap.

Telah dilaporkan bahwa ada sekitar 150 paramiliter yang terlibat dengan SAD, jumlah itu tidak dapat dikonfirmasi karena tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti. Pada dasarnya semua yang melibatkan SAD diklasifikasikan. Faktanya, jika seorang operator SAD ditangkap dan ditahan selama misi, sangat mungkin bahwa pemerintah AS akan menyangkal pengetahuan apa pun tentang keterlibatannya. Organisasi tersusun sangat rapi seperti organisasi IDN poker yang selalu menjaga kerahasian para member nya, oleh karena itu, mustahil untuk mengetahui semua perincian tentang Divisi Kegiatan Khusus.

Unit yang sangat low profile ini diyakini terutama terdiri dari pilot dan spesialis lainnya. Delta Force, Greenbaret dan DEVGRU diketahui mempersilahkan anggota aktifnya untuk direkrut SAD, namun juga sekaligus keluar dari program. Masuk akal karena kedua unit operasi khusus dianggap yang terbaik dari yang terbaik di Militer A.S, jadi tentu saja, CIA akan menargetkan individu-individu itu. Grup SAD dilaporkan beroperasi dalam enam anggota atau tim yang lebih kecil. Juga bisa dimengerti bahwa mereka beroperasi sendiri tanpa bantuan militer dalam misi tertentu. Meskipun SAD tidak dianggap sebagai cabang Militer AS, mereka sebenarnya telah bekerja berdampingan dengan DEVGRU dan Delta Force di masa lalu untuk misi yang sangat rumit dan berbahaya, namun penting bagi keamanan AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!