Defense Intelligence Agency Induk Operasional Intelejen Militer AS

Defense Intelligence Agency (DIA) atau Badan Intelijen Pertahanan adalah dinas intelijen militer Amerika Serikat, organisasi payung dinas intelijen dari empat dinas militer, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Korps Marinir. Mereka mengadvokasi kegiatan intel menyeluruh yang melibatkan operasi militer tidak dinaungan CIA, bahkan sama kuatnya. Fungsinya untuk full war capacity atau intel perang menyeluruh.

Didaulat berdiri pada 1 Oktober 1961, DIA adalah dinas intelijen eksternal yang berspesialisasi dalam intelijen pertahanan dan militer. Memantau kekuatan asing dan aktor non-negara lain, agensi militer yang seolah-olah berkembang menjadi salah satu agen intelijen paling kuat dari Departemen Pertahanan, mengoperasikan fasilitas rahasia di seluruh Amerika Serikat, terutama di daerah teknologi. Nuklir, laser, senjata satelit, agensi ini memiliki aksesnya.

Sebagai badan intelijen, kegiatan DIA dirahasiakan. Lebih dari itu, banyak fasilitas DIA adalah situs hitam, tidak pernah ada secara resmi, juga tidak bisa diganggu gugat oleh pemerintah sipil, di mana dengan banyak cache lapangan disembunyikan di seluruh benua Amerika Serikat untuk membantu operator lapangan, termasuk CIA sendiri, dan semua keagenan intel di Amerika Serikat. Kerahasiaan memungkinkan Badan ini untuk mempertahankan jaringan intelijen yang luas di luar negeri dan di dalam negeri, yang terdiri dari agen super, sinyal intelijen, pemrosesan data, dan banyak lagi.

DIA memberikan semua akses militer dan staf mereka ke kedutaan dan konsulat AS. Sekitar setengah dari seluruh karyawan bekerja di perusahaan judi bola dan kantor penghubung di luar negeri. Tugas mereka, yaitu :

  1. Mengumpulkan, Menganalisis, dan Berbagi Intelijen dari Empat Kekuatan untuk Departemen Pertahanan:
    • Intelijen Angkatan Darat (AI)
    • Aktivitas Intelijen Korps Marinir (MCIA), layanan intelijen Korps Marinir Amerika Serikat
    • Office of Naval Intelligence (ONI), layanan intelijen angkatan laut
    • Badan Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian Angkatan Udara (ISR), Intelijen Angkatan Udara
  2. Memantau senjata pemusnah massal, terorisme, dan kejahatan terorganisir.
  3. Layanan Klandestin Pertahanan DIA adalah cabang operasional dari layanan ini. Sekitar 500 agennya aktif dalam penyamaran dan menjaga sumber-sumber tersembunyi di seluruh dunia.
  4. DIA bertanggung jawab untuk mengoordinasikan semua program MASINT Amerika Serikat.
  5. Semua kegiatan kontra intelijen – dan perlindungan rahasia Kementerian Pertahanan dipegang oleh DIA.

DIA, yang dirancang oleh Robert McNamara pada tahun 1961 melalui Petunjuk 5105.21, mengumpulkan dan menganalisis informasi yang diperoleh dari dinas intelijen angkatan bersenjata dan meneruskan pengetahuan yang diperoleh kepada para pembuat keputusan yang bertanggung jawab di Pentagon dan pemerintah AS serta untuk satuan tugas. Layanan Atase Pertahanan telah berada di bawah DIA sejak 1965.

Markas besar juga menjadi pusat evaluasi intelijen di bekas Pangkalan Angkatan Udara Bolling (sekarang bagian dari Pangkalan Bersama Anacostia-Bolling) di Washington, DC. Ada juga lokasi lain dan keterikatan militer di kedutaan Amerika Serikat. DIA pada terdiri dari empat departemen utama (Direktorat):

  1. Direktorat Analisis
  2. Direktorat Operasi
  3. Direktorat Sains & Teknologi
  4. Direktorat Layanan Misi

Ditambah dengan lima pusat evaluasi (Pusat Intelijen) masing-masing fokus geografis, tematis dalam sebuah kasus:

  1. Pusat Amerika
  2. Pusat Asia / Pasifik
  3. Pusat Penanggulangan Terorisme Pertahanan
  4. Pusat Eropa / Eurasia
  5. Pusat Timur Tengah / Afrika

National Intelligence University juga terletak di situs DIA, tetapi direncanakan untuk pindah ke Bethesda di Maryland. Keagenan ini merupakan senjata utama dalam perang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!