Sejarah Pembentukan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) Yang Harus Anda Ketahui

Sejarah Pembentukan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) Yang Harus Anda Ketahui – Amerika serikat( AS) sudah melaksanakan aktivitas intelijen asing semenjak era rezim George Washington, namun cuma semenjak Perang Bumi II kegiatan- kegiatan itu dikoordinasikan di semua rezim.

Sejarah Pembentukan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) Yang Harus Anda Ketahui

 Baca Juga : 5 Agen Rahasia Populer di Amerika Serikat Yang Harus Anda Ketahui

opsecteam – Saat sebelum serbuan pengeboman Pearl Harbor pada 1941, Kepala negara Franklin D Roosevelt sudah membahayakan terdapatnya kekurangan intelijen di Amerika.

Roosevelt memohon pengacara New York William J. Donovan buat menata konsep tubuh intelijen, semacam yang dikutip dari web Aliansi Akademikus Amerika( FAS).

Kantor Jasa Penting( OSS)

OSS dibuat pada Juni 1942. OSS merupakan cikal akan CIA dikala ini, semacam yang dikutip dari History.

Roosevelt menunjuk Donovan buat memimpin tubuh yang sedang belia dikala itu.

Amanat asli OSS merupakan mengakulasi serta menganalisa” data penting” buat dipakai dalam perang.

Undang-Undang Keamanan Nasional

Dengan OSS, Donovan yang diketahui dengan julukan“ Wild Bill”, sanggup mengirim pengacau di balik garis kompetitor buat mematikan instalasi tentara, mengedarkan disinformasi buat menyesatkan gerombolan Jepang serta Jerman, dan berusaha merekrut pejuang perlawanan.

Tubuh itu mempunyai dekat 12. 000 karyawan di Washington DC serta di tempat lain, tercantum, misalnya, 500 ataupun lebih agen alun- alun yang bertugas di Perancis yang diduduki Jerman.

Pada akhir Perang Bumi II, Kepala negara Harry S Truman yang berprofesi sehabis kematian Roosevelt, tidak memandang perlunya OSS serta menghapusnya.

Dalam satu tahun sehabis ketetapan itu, serta sehabis dimulainya Perang antara Amerika serikat serta Uni S0viet, Truman berganti benak.

Dengan banyaknya mantan atasan OSS yang sedang terdapat di Washington, beliau awal kali mendirikan Golongan Intelijen Pusat serta Tubuh Intelijen Nasional pada 1946.

Setelah itu, pada 1947, Kongres mengesahkan Hukum Keamanan Nasional, yang membidik pada pembuatan Badan Keamanan Nasional serta CIA semacam yang diketahui dikala ini.

 Baca Juga : Barack Obama Penguatan Dalam Pengawasan Massal

Direktur dan fungsi CIA

Semenjak dibuat pada 1947 sampai 2005, CIA dijalani oleh Ketua Intelijen Pusat( DCI). Kewajiban penting CIA merupakan mengakulasi data intelijen serta keamanan global dari negeri asing.

Kedudukan ini biasanya diisi oleh para atasan dari bermacam aspek, tercantum tentara, politik, ataupun bidang usaha. Beberapa orang populer menggenggam kedudukan ini, tercantum yang awal, Roscoe H. Hillenkoetter serta mantan Kepala negara George HW Bush, yang berprofesi sepanjang 2 tahun pada 1976- 77.

George Tenet merupakan DCI dari 1996 sampai 2004, dan sebagian menahannya, serta tubuh di dasar kepemimpinannya, yang bertanggung jawab atas kekalahan intelijen menjelang serbuan teroris 11 September 2001.

Pada 2004, Kongres menghasilkan Hukum Pembaruan Intelijen serta Penangkalan Terorisme, yang merombak bentuk kepemimpinan tubuh intelijen serta menaruh seluruhnya di dasar lindungan posisi Ketua Intelijen Nasional yang terkini dibangun, tercantum Unit Keamanan Dalam Negara serta CIA.

Walhasil, CIA saat ini dipandu oleh Ketua CIA.

Kedudukan Ketua CIA sudah dipegang oleh beberapa figur berarti, tercantum mantan Badan Kongres Demokrat Leon Panetta, yang ialah Ketua CIA awal Kepala negara Barack Obama.

Panetta bertanggung jawab kala metode” investigasi keras” tubuh itu, yang dipakai sehabis serbuan 9 atau 11, dibeberkan ke khalayak.

Ketua CIA dikala ini merupakan William Burns, yang dilantik oleh Delegasi Kepala negara Amerika serikat Kamala Harris pada 23 Maret 2021 di Bangunan Putih, Washington.

Burns merupakan mantan duta pekerjaan sepanjang 33 tahun serta Delegasi Menteri Luar Negara yang pensiun pada 2014. Beliau yang lancar berbicara Rusia, Arab, serta Perancis, tadinya sempat jadi Delegasi Besar AS buat Rusia serta Jordania.

Opsecteam - Berita Organisasi Advokasi Amerika Serikat